Pages

Jumat, 09 November 2012

Jenis-Jenis Etika


Jika dilihat berdasarkan nilai dan norma yang terkandung di dalamnya, etika dapat dikelompokan ke dalam dua jenis, yaitu : 
  1. Etika Deskriptifmerupakan etika yang berbicara mengenai suatu fakta, yaitu tentang nilai dan pola perilaku manusia terkait dengan situasi dan realitas yang membudaya dalam kehidupan masyarakat. Etika ini berusaha menyoroti secara rasional dan kritis tentang apa yang diharapkan manusia dalam hidup ini mengenai sesuatu yang bernilai.
  2.  Etika Normatif, merupakan etika yangmemberikan penilaian serta himbauan kepada manusia tentang bagaimana harus bertindak sesuai norma yang berlaku. Jadi, etika ini berbicara mengenai norma-norma yang menuntun tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-harinya.

Etika normatif berbeda dengan etika deskriptif. Perbedaannya adalah bahwa etika deskriptif memberikan fakta sebagai dasar untuk mengambil keputusan tentang perilaku yang akan dilakukan, sedangkan etika normatif memberi penilaian sekaligus memberikan norma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan.

Sumber : Wahyono, Teguh.2009.Etika Komputer.Jakarta: Penerbit ANDI

0 komentar:

Posting Komentar

 

Translate